Thursday, September 15, 2011

Leila Lopes, Wanita Afrika Kedua Jadi Ratu Sejagad


SELAIN menepiskan kesan rasis, kemenangan Leila Lopes sebagai Miss Universe 2011 membawa kebanggan tersendiri bagi Angola. Ternyata, ia wanita kulit hitam keempat yang berhasil meraih gelar tersebut.

Republik Angola yang terletak di Afrika bagian barat daya mungkin tak setenar negara lain. Namun, prestasi yang ditorehkan Leila Lopes menjadikan negara ini semakin dikenal dunia. Apalagi, kemenangannya merupakan kali pertama bagi negara yang berbatasan langsung dengan Namibia, Republik Demokratik Kongo, Zambia, dan Samudra Atlantik ini.

Tak hanya itu, torehan prestasi wanita 25 tahun ini pun menjadi kebanggaan tersendiri bagi ras kulit hitam karena Leila merupakan wanita Afrika kedua dan wanita kulit hitam keempat di dunia yang memenangkan gelar Miss Universe. Demikian seperti dilansir IBTimes, Rabu (14/9/2011).

Leila Luliana da Costa Lopes Vieira lahir pada 26 Februari 1986 di Benguela, Angola, dari orangtua yang merupakan imigran asal Cape Verde, sebuah negara kepulauan di Samudera Atlantik. Leila sendiri telah menyelesaikan studi Manajemen Bisnis di Inggris.

Sebelum menjajal panggung Miss Universe, perwakilan resmi masyarakat Angola di Inggris ini dinobatkan sebagai Miss Angola UK pada 8 Oktober 2010. Pemilik senyum indah ini pun sempat mengikuti kontes kecantikan nasional di negaranya pada 18 Desember 2010. Saat itu, dia berhasil menggondol gelar Photoghenic Award dan akhirnya menjadi pemenang utama sehingga berhak mewakili Angola di ajang Miss Universe 2011.(Sc : Okezone)

No comments:

Post a Comment